Thursday, September 12, 2024

Tips and Tricks Sukses TOEP (Test of English Profeciency) PLTI untuk Sertifikasi Dosen (SERDOS) atau S3/Subspesialis UGM

Hi guys

Well hari ini saya ujian TKDA dari jam 8.30-10.30 dan TOEP dari jam 13.00-15.00. Kita harus sudah ada di lokasi 15 menit sebelum test karena akan mendengarkan dummy test alias contoh tesnya kayak apa biar ada gambaran. Ini tidak bisa dipercepat jadi harus didengarkan, biasanya 10-15menitan tergantung jenis test. 

Bagaimana rasanya test dua hal berurutan dari pagi dan siang? Nano-nano, tapi yang pasti otak saya terasa "panas", dan mumpung masih hangat maka tulisan ini langsung come from the oven. Baru banget sejam lalu mengikuti test TOEP.


TOEP sendiri bisa dipakai tuk pendaftaran SERDOS atau S3/Subspesialis UGM yak sebagai pengganti nilai AcEPT. Untuk minimal nmilainya sbb: 


skor minimal

Untuk PLTI sendiri setelah selesai TOEP maka hasil akan langsung muncul di komputer dan tahu lulus tidaknya tapi masih dalam bentuk konversi angka. Kalau TOEP di atas 433 maka LULUS yak. 



Info lengkap ada di sini

Nah apa TIPS and TRICKnya tuk TOEP ini


Karena biasanya diadakan di jam 13 maka SHALAT DHUHUR dulu yak, kalau engga bakal ke skip sholatnya. 


Lalu fokus dan konsentrasi, berdoa. 


LISTENING akan ada 50 soal dan setiap soal yang sudah muncul TIDAK BISA kembali lagi. Bahkan setelah selesai ORANG BICARA, soal baru keluar dan tiap 1 soal sudah ada TIMER nya SEPULUH DETIK. Jadi tidak seperti TOEFL ITP yang kita baca dulu soalnya dan bisa memperkirakan apa yang ditanya, nah TOEP ini BEDA. 


Jadi butuh KONSENTRASI tingkat dewa dalam mendengarkan. 

Akan dibagi menjadi 4 sesi listening yang semuanya TIDAK BISA KEMBALI lagi. Jadi kalau terlewat ya NOL nilainya, lebih aman klik dulu jawaban yang sekiranya muncul pertama kali di kepala baru setelahnya baca soal karena 10 detik cepat berlalu. Tahu-tahu udah habis dan mungkin belum sempet KLIK jawaban karena belum sempet BACA JAWABAN sampai habis


SESI 1 LISTENING - SOAL RESPONSES (10 soal, no 1-10)

Akan ada satu orang pembicara lagi ngobrol ama kamu, dia bilang AIUEO dan abis itu selesai. Lalu kamu diminta merespon apa yang terbaik. Misal nih ada yang nanya, apa kabar kok lama gak keliatan? nah jawabannya ada macam-macam, pilih yang paling nyambung. Biasanya yang nyambung itu malah yang TIDAK TERDENGAR KATA-KATA SAMA. Misal contoh lain ada yang tanya bisa gak kamu anterin aku ke bandara? jawabannya gak mengandung kata bandara, dll seperti yang dibilang. Bisa jadi malah sorry aku ntar malam kerja. Jadi jawabannya kalau kepepet, pilih yang tidak ada kata-kata yang didengar yah hehe. Karena ini cepet banget, ibarat belum kelar napas udah hilang lagi jawabannya dan diganti soal baru. BAGIAN ini SATU PEMBICARAAN tuk SATU SOAL. Jadi mudah, konsentrasi masih bisa dipertahankan di titik aman.


SESI 2. A LISTENING - SOAL CONVERSATION (10 soal, no 11-20)


Nah masuk ke bagian ini mulai otak kita harus menangkap inti dari sebuah percakapan DUA orang. Sayangnya, walau ini percakapan singkat tapi tetap aja yang ditanya adalah kesimpulan dari percakapan jadi terkadang otak kita harus mengingat apa sih sebenarnya yang mereka bahas. Terkadang bukan hal mudah tuk menyimpulkan dan pas baca jawaban yang rada panjang, kita kadang gak selesai baca sementara 10 detik hampir berlalu. Lalu panik. Tips bagian ini maish sama kayak bagian 1 yang terdengar jelas malah BUKAN JAWABANNYA karena kan kita menyimpulkan. 


SESI 2. B LISTENING - SOAL LONG CONVERSATION (15 soal, no 21-35)

Nah masuk ke bagian ini mulai otak kita harus menangkap inti dari sebuah percakapan DUA orang. Sayangnya, percakapan ini bukan yang singkat tapi lumayan panjang. Misal aja saya lagi ngobrol ama kawan membahas besok mau bandara naik apa. Bisa aja naik taxi, cap, bus, grab, atau malah minta dianter saudara. Nah tiap opsi akan ada alasannya kenapa. Lalu ada 3 soal yang harus dijawab dalam 1 CONVERSATION. Ingat, kita baru tahu apa yang ditanya ketika suara pembicara SELESAI, jadi gak bisa tahu soalnya apa lalu mengira-ngira jawaban. Jadi part ini butuh konsentrasi tingkat dewa. Misal udah mendengarkan dengan seksama, yang ditanya bisa aja ada berapa alternatif diskusi cara ke bandara, kebayang gak sih yang tadi kan belum sempet diitung. SO, misal ada model-model yang sifatnya lebih dari satu option, diingat aja totalnya ada berapa option yak. Atau bisa aja ditanya berangkatnya jam berapa atau si XX mo ngapain abis ini kalau pulang. 


Misalnya lagi soal jenis percakapan ini bisa aja dokter ama pasien, kebayangkan gimana tuh. Misal pasien menjelaskan ciri-ciri sakitnya trus dokter mulai mengklasifikasikan misal ciri A mengarah ke sakit A. Nah itu kita harus dengerin benar-benar apa yang dimau. Misalnya lagi soal orang mau pergi belanja tapi mampir juga ke toko obat dan toko makanan hewan. Eh ndilalah temen sekamarnya nitip daftar belanjaan yang banyak banget mulai dari breakfast, minuman, sampe camilan dan buah. Misalnya lagi ada dua orang dosen bertemu membahas mahasiswanya sampai dekannya dan ditanya apa yang mereka bahas, secara kesimpulan. Very random lah ya. Wkwkwkw


SESI 3. LISTENING - SOAL MINI TALK (15 soal, no 36-50)

Well soal ini pembicara SATU tapi panjang banget misal kayak dosen jelasin kuliahan, atau pembicara seminar menjelaskan buku, dan jujurly ada banyak informasi penting di tiap PART yang panjang ini. Jujurly udah di akhir-akhir, overload menyimpan banyak info yang menurut kita penting. Bahkan kalau pembicara lagi bahas terkait seminar bisa jadi di akhir dia akan bilang berapa hari seminar dilakukan, bisa jadi ada muncul soal tanya berapa hari. Kadang ada juga yang membahas korupsi bisa jadi di negara kita sendiri. TIP di soal panjang ini COBA UNTUK MENGINGAT sebanyak yang dimampu aja. Karena again kita gak bisa lihat soalnya sambil dengerin pembicara. So, ini benar-benar test listening yang sebenarnya sekaligus tes memori ingatan. SATU SUARA biasanya tuk 3 soal. 

SELESAI deh LISTENING total waktu 50 menit.

READING ada 50 soal. Kalau nonton di yutub-yutub banyak yang bilang mirip LONGMAN (bisa cari yak) tapi setelah kubandingkan dengan LONGMAN, soal reading di TOEP jauh lebih PANJANG bisa 4-5 paragraf dan topiknya sulit-sulit menurut saya. 

Tuk 50 soal dalam 50 menit jika dibaca skimming dan mengambil point-point penting sesuai pertanyaan sebenarnya CUKUP. Saya masih punya 10 menit terakhir tuk koreksi ulang jawaban. Sebagaimana reading pada umumnya akan ada ditanya ide paragraf, judul yang tepat apa, kalimat yang tidak atau fakta yang tidak dijelaskan dalam paragraf apa, refers to juga banyak keluar, sinonim kata. Atau sekadar bertanya penulis menuliskan dengan apa,informatif, cinekal, berlebihan, dll kah. 

Reading bisa belajar dari semua jenis reading toefl, ielts dll karena inti ceritanya sama-cuma yang ini paragrafnya lebih panjang dan kasusnya bukan yang kita udah familiar. 


Well walau sudah berusaha keras menjawab reading, saya merasa nilai di bagian reading ini tidak terlalu wow.  Saya terselamatkan dari listening. TIPS lain, tadi sebelum test siang jam 13, karena hectic ada urusan lain dan sempat pergi sebentar dari lokasi ujian, saya tidak sempat makan siang. INI membantu saya di DAYA KONSENTRASI pas LISTENING karena GAK SEMPET NGANTUK. Tapi di bagian reading akhir-akhir barulah saya merasa lapar. Hahaha. 

Apakah saya lolos? Alhamdulillah karena udah sungkem bapak ibu anak dan cium pipi kanan kiri sebelum ujian, doa mereka membantu jari-jari saya mengklik jawaban. Nilainya tidak wow sekali tapi yang penting lulus di atas batas minimal sudah cukup untuk saat ini "mencari syarat". 


Semoga tips di atas membantu yak 
Avis

PS: Alhamdulillah TOEP dan TKDA selesai, saya sendiri bisa buka-buka tulisan lama kalau suatu hari perlu untuk ujian lagi


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...