Thursday, September 19, 2024

Tips MOOC PPPK/CPNS dari jurnal hingga dapat sertifikat

 Hi semua


Yang baca ini pastilah sedang dalam tugas mengerjakan MOOC paska Latsar baik untuk PPPK maupun CPNS. Berikut tips supaya bagian ini CEPAT terselesaikan dan tidak tertunda-tunda.  Nah ini LINK akun SWAJAR PPPK. 

tampilan depan. User adalah NIP, password adalah NIK KTP


Pertama, selamat karena sudah sampai tahapan ini, artinya sudah tinggal dikit lagi. Biasanya sebelum masuk ke aplikasi SWAJAR kita akan dikasih tahu kalau setelah kita masuk maka dalam 15 hari harus merampungkan tugas-tugas supaya bisa menjalani evaluasi. Informasi tersebut benar adanya yah, dan terkadang ini yang membuat orang suka MENUNDA-NUNDA untuk akhirnya tidak membuka akun MOOC mereka. Salah satunya karena takut mereka tidak akan dapat menyelesaikan hal tersebut dalam 15 hari. Akhirnya, gak dibuka-buka deh akunnya alias dibiarin BERBULAN-BULAN sampai ada setahun lebih. Hehe. 


Buka bagian ini dulu supaya tidak gagal masuk. Jika masih gagal masuk maka bisa jadi ada spasi tidak terlihat di depan NIP atau NIK
 


Jika penasaran pengin tahu isiannya materinya apa saja bisa buka link ini. Boleh misal mau dibaca dan dibuat ringkasan 1 materi 1 halaman supaya bisa jadi jurnalnya dan ketika jadi tinggal masukin-masukin. 

Apa aja sih yang dilakukan dalam belajar online 15 hari ini, intinya hasil akhir adalah kita diminta membuat jurnal. Tidak ada patokan resmi sebenarnya jurnal ini dibuat dengan format seperti apa, bahkan termasuk di websitenya sendiri. Jadi, saat saya kemarin membuat saya sesuaikan dengan templete tugas rangkuman (TNW 12, batas atas kanan 2.5cm, bawah kiri 2cm, spasi 1.5 dan maksimal 10 halaman). Ini versiku yah, dan saat kuupload aman-aman aja. Aku sendiri membuat ringkasan 1 materi dalam 1 lembar diambil saripatinya aja. 

So ini bukan jurnal yang harus indeks scopus dll loh ya. Jurnal hanya istilah RANGKUMAN alias saripati dari materi yang kita baca itu loh. Misal mau nulis hanya 5 halaman juga kayaknya okey-okey aja yah. 

materi ini akan berubah warna hijau jika sudah ditonton atau dibaca/donlod




Jurnal bebas yah boleh dikirim kapan aja, misal di hari pertama udah ready juga boleh. 


Bagian penting adalah evaluasi akademik




Jadi tipsnya JANGAN menunda-nunda. Ketika udah dibuka akunnya maka segera selesaikan. Materinya nanti akan ada PPT dan PDF yang mana setelah dibaca isinya sama, jadi silakan merangkum 1 materi 1 halaman dari yang paling mudah.  


Evaluasi akademik minimal lolos nilainya adalah 70. Ada 50 soal kemarin. Soalnya seputar dari materi yang kita bikin rangkumannya. Jika misal belum lolos akan diberikan lagi kesempatan mencoba.


Setelah lolos evaluasi akademik akan ada sertifikat yang bisa langsung diunduh tapi biasanya belum ada simbol LAN. Sertifikat yang bersimbol LAN di bagian bawah biasanya akan muncul 1-2 minggu setelah ujian. Sering-sering aja update akun swajar. 


So, segera diselesaikan yak supaya tidak jadi hutang. Ada juga yang bertanya gunanya sertifikat ini apa, toh kan sudah dapat sertifikat LATSAR juga. Saking banyak bertanya-tanya akhirnya tidaklah jua dikerjakan. Kembali lagi menjadi ASN BerAKHLAK jadi menyelesaikan tugas-tugas tepat waktu adalah bagian dari hal tersebut. 


Semangat mengerjakan. Lebih cepat, lebih baik 

(Tim kalau dapat link langsung mengerjakan)


Avis


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...